Jumat, 05 Oktober 2012

MAHASISWA TUNTUT SBY “Mari Bung Tolak Kenaikan BBM”


OLEH : ARIPIANTO
Rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada 1 April ini  terus mendapat penolakan oleh berbagai element masyarakat.  Sejak Maret, gerakan mahasiswa sudah mulai berdemo menolak kenaikan tersebut.dan pada Hari ini tangal 27 maret 2012 Aksi penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) masih terus berlanjut di seluruh daerah di Indonesia, seluruh elemen mahasiswa, aktivis, buruh, BEM se-Indonesia dan lain sebagainya. Di tambah Aktivis dan mahasiswa dari berbagai daerah pun telah menyatakan kesiapannya untuk berunjukrasa di Ibukota, aksi tersebut dilakukan didepan istana negara
Menurut Humas Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami), Deni Ardiansyah mengatakan gerakan 27 Maret ini tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa di Jakarta melainkan juga dilakukan oleh mahasiswa dari luar daerah."Saat ini mahasiswa daerah sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke Jakarta. Mereka satu suara untuk menolak kenaikan harga BBM dan meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun dari jabatannya," ujarnya kepada okezone, Jumat (23/3/2012).Deni yang juga mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) itu kembali mengatakan selain mahasiswa, gerakan 27 Maret ini  juga akan dilakukan para buruh dan juga unsur kepemudaan. Sementara itu Humas Seketariat Bersama  (Sekber) Boing mengatakan kemungkinan aksi buruh akan terbagi dua yaitu Istana dan DPR dalam menyuarakan inspirasi penolakan kenaikkan BBM sebab kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tidak pernah memikirkan rakyat.
Polri akan mempersiapkan ke­­kuatan penuhnya untuk me­ngamankan rencana aksi peno­la­kan kenaikan harga bahan ba­kar minyak (BBM) secara besar-be­saran pada pada hari ini  Pasalnya pada saat itu, se­mua mahasiswa baik di Jakarta dan luar daerah yang akan mendatangi Istana Negara. Kadiv Humas Ma­bes Polri, Irjen Pol Saud Us­man Nasution, menyatakan po­li­si siap untuk mengamankan dan me­ngawal aksi unjuk rasa mas­sa jelang kenaikan harga BBM Ap­ril mendatang. "Semua kegiatan ke­mas­ya­ra­ka­tan sudah terpantau dari in­for­masi yang kita dapat di la­pa­ngan. Artinya kami siap menga­wal kegiatan tersebut dengan se­baik-baiknya," ungkap Saud ke­pada wartawan, Jumat (23/3).
Jumlah massa di perediksi lebih dari 25 ribu orang(Adian Napitupulu aktivis LSM Bendera) ujarnya pada tanggal maret 24 lalu. Aksi 27 maret menjadi sejarah demontarsi terbesar di Indonesia bahkan didunia. Aksi ini menjadi fenomenal,bukan saja dilakukan serentak dalam satu hari tetapi juga dari jumlah massa maupun solidaritas lintas sektoral. Aksi serentak yang dilakukan menolak murni gerakan mahasiswa karena tuntannya sama, yakni menentang kenaikkan BBM,Menentang Neoliberaliasme dan mengugat lemahnya penanganan koruptor . Demontarsi yang terjadi ada hari ini tidak menampikkan bisa berakhir seperti kejadian demo 1998.
Sedangkan Dimedan  Belasan ribu yang menamakan Komite Aksi Buruh membawahi 10 elemen buruh di Sumatera Utara, Senin (26/3) pagi tumpah ruah ke kantor Gubsu di Jalan Pangeran Diponegoro, dalam  aksinya  menolak kenaikan harga BBM yang akan diberlakukan pada tanggal 1 April 2012. Sedikitnya 200 personel polisi tergabung dalam antihuru hara, Brimob ,dan sejumlah TNI BKO polisi berjaga di halaman dalam kantor gubenur. Mereka terlihat bersiap siaga untuk menjaga hal hal yang tak diinginkan. Dari jumlah tersebut puluhan diantaranya menjadi pagar betis di luar pintu pagar masuk utama. Sedangkan dari ujung ke ujung pintu masuk menuju halaman kantor Gubsu sejak kemaren (Minggu) sudah dipasang pagar kawat berduri melingkar. Aksi demo dipimpin Indra cs tak ketinggalan kaum wanita itu menggunakan truk terbuka, juga diramaikan dengan kenderaan roda dua. Melihat pagar betis dan barikade kawat berduri itu, membuat para demonstran berteriak - teriak menyatakan kekesalannya. Namun, petugas sama sekali tak bergeming. Sehingga teriakan kembali bergema menuding Gatot tak konsekwen dengan janjinya ketika delegasi pendemo bertemu dengan Gatot di rumah dinas Gubsu . Gatot tak juga kunjung muncul. Sebelumnya Indra membacakan tuntutan Komite Aksi Buruh. Kemudian Gatot berkenan mengadakan pertemuan pimpinan 10 elemen buruh dibawah Komite bertempat di kantor Gubsu lama. Dalam pertemuan itu, Gatot berjanji bila tanggal 1 April 2012 pemerintah menaikkan harga BBM, maka dia akan merevisi UMP buruh di Sumut. (Format News, 27 Maret 2012)
Aksi Demontrasi di Pekanbaru Tolak BBM
GMNI Pekanbaru  beserta ratusan masa yang menamakan dirinya Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMNI), GESER, Liga Mahasiswa Nasdem. Mereka meleburkan diri ke dalam Aliansi Rakyat Menolak Kenaikan BBM (Arak- BBM) sekitar pukul 11:45 Wib lakukan aksi di depan Gedung DPRD Riau jalan Sudirman Pekanbaru.(Riau Online, 27 Maret 2012)
Dalam orasinya mahasiswa menuntut bila BBM naik SBY harus turun,aksi masa ini menuntut pemerintah untuk mencabut UU No.22 Tahun 2001 Tentang Migas, Nasionalisasi Aset Dalam Negeri dan laksanakan Pasal 33 UUD 1945, meminta DPRD Riau menandatangani pernyataan tolak kenaikan BBM  Para demonstran memukul-mukul jerigen kosong sambil meneriakan yel-yel SBY harus turun. Mahasiswa mengancam apabila akan menutup dua jalur jalan sudirman jika anggota DPRD Riau tidak segera menemui mahasiswa.Aksi ini juga dibarengi membakar sebagian atribut yang mereka bawa.












Penulis :Wakil Bidang Litbang dan Infokom Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Pekanbaru Dan Pengurus BEM FKIP Universitas Riau Bidang Kajian Kebijakan Kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar